Latar Belakang Para Tersangka Pembunuhan Presiden Haiti Mulai Terkuak

Logo 2


Satu Hati Berkati Bangsa, Karena Cinta Kami Penuh Kasih. YM Radio Kita Suka

Latar Belakang Para Tersangka Pembunuhan Presiden Haiti Mulai Terkuak

 Minggu, 11 Juli 2021

(Sumber VOA)

Para tersangka pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise dirilis ke media bersama dengan sejumlah senjata dan peralatan lain yang digunakan dalam penyerangan, di Port-au-Prince, Haiti, 8 Juli 2021.



Perincian baru telah muncul mengenai para tersangka pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise.

Di antara mereka yang ditahan adalah dua warga Amerika Serikat (AS) keturunan Haiti. Salah seorang di antaranya pernah bekerja bersama aktor AS Sean Penn pasca gempa bumi 2010 yang menghancurkan di negara itu.

Polisi Haiti juga telah menahan atau menewaskan belasan bekas anggita militer Kolombia.

Sebagian tersangka ditangkap dalam sebuah penyerbuan di Kedutaan Taiwan dimana mereka diduga mengajukan suaka. Kepala Kepolisian Nasional Léon Charles mengatakan delapan tersangka lain masih buron.

Para pejabat Kolombia telah mengatakan para laki-laki itu direkrut oleh empat perusahaan dan datang ke Haiti lewat Republik Dominika. Para tentara Kolombia yang pernah dilatih AS seringkali direkrut oleh perusahaan-perusahaan keamanan dan tentara bayaran di zona konflik karena pengalaman mereka dalam perang puluhan tahun melawan para pemberontak dan kartel narkoba.

Belum diketahui siapa yang mendalangi serangan itu. Dan belum diketahui bagaimana para pelaku bisa menembus kediaman presiden dengan berpura-pura sebagai agen-agen Badan Pemberantasan Narkoba AS. [vm/ft]